Berikut ini Indikator Esensial untuk Soal UKG Online Guru SD Tahun 2013. Apa pentingnya Indikator Esensial? dari indikator ini Bapak Ibu guru dapat mencari Materi UKG Guru SD Tahun 2013 sebagai bahan belajar. Hal ini penting bagi anda selain latihan software UKG Online gratis (link berada di bawah)
Berikut adalah Indikator Esensial sebagai berikut :
- Memilih materi ajar aspek membaca di kelas rendah SD.
- Memilih materi ajar aspek menulis di kelas tinggi SD.
- Merumuskan hakikat (pengertian, tujuan, jenis, dan manfaat) menulis.
- Menemukan isi atau pesan pokok wacana dari sebuah berita
- Menemukan isi atau pesan pokok dalam wacana naratif seperti cerita atau puisi.
- Membandingkan berbagai jenis wacana bahasa Indonesia (deskripsi dan narasi).
- Membandingkan berbagai wacana Bahasa Indonesia (argumentasi dan eksposisi)
- Menyusun berbagai bentuk/jenis tulisan (deskripsi, narasi, argumentasi, eksposisi, percakapan, atau surat)
- Mendeskripsikan unsur?unsur Karya Tulis Ilmiah (KTI)
- Menganalisis unsur intrinksik dan ekstrinsik, struktur, dan ciri?ciri karya sastra prosa.
- Menilai prosa
- Mengapresiasi drama.
- Merumuskan proses belajar PKn tentang konsep kejujuran
- Membuat tes proses pembelajaran tentang sikap nasionalisme
- Merancang inditator dan instrumen penilaian pembelajaran PKn SD
- Membuat contoh sangsi pelanggaran norma yang berlaku di sekolah
- Merumuskan prinsip?prinsip demokrasi.
- Menganalisis praktik demokrasi di Indonesia dalam pengambilan keputusan
- Mengkategorikan Peraturan perundang? undangan di tingkat daerah.
- Mengemukakan sejarah terbentuknya Pancasila sebagai dasar negara.
- Menyimpulkan nilai?nilai Pancasila,sebagai idiologi negara.
- Menganalisis pentingnya keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).
- Mengidentifikasi batas?batas kepulauan yang rawan dicaplok oleh negara tetangga dan cara menanggulanginya.
- Menelaah bentukbentuk manifestasi nasionalisme dalam kehidupan sehari?hari.
- Membuat bagan hubungan antara lembaga?lembaga pemerintahan di tingkat pusat.
- Membuat bagan hubungan antara lembaga?lembaga pemerintahan di tingkat daerah.
- Menelaah sistem pilkada yang ada di Indonesia.
- Menelaah prinsip politik luar negeri dan dalam negeri ASEAN.
- Merancang aktivitas pembelajaran berdasarkan prinsip dan teori pembelajaran matematika
- Merancang pembelajaran matematika yang menggunakan gradasi mulai representasi kongkrit, simbolik, dan abstrak agar siswa dapat mengonstruksi pengetahuan matematika.
- Memilih media pembelajaran yang tepat untuk pembelajaran operasi bilangan bulat
- Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan bilangan pecahan
- Mengombinasikan beragam strategi pembelajaran matematika untuk mencapai tujuan pembelajaran.
- Memilih media pembelajaran yang tepat untuk pembelajaran geometri dan pengukuran
- Menganalisis dan menerapkan urutan operasi pada bilangan bulat
- Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan bilangan pecahan
- Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan penjumlahan bilangan
- Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan volume benda ruang.
- Menganalisis dan menerapkan sifatsifat segiempat
- Menganalisis dan menerapkan sifatsifat kesejajaran garis?garis
- Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan luas daerah bangun datar
- Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan volume bangun ruang
- Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan diagram
- Memecahkan masalah berkaitan dengan rata?rata
- Merumuskan tujuan pembelajaran (proses, produk, dan sikap) sifat benda padat, cair dan gas sesuai dengan karakteristik peserta didik dan materi ajar
- Merancang kegiatan pembelajaran IPA melalui penyelidikan ilmiah agar siswa dapat mengkonstruksi pengetahuan IPA
- Mengkombinasikan beragam pendekatan/ strategi/ metode/ teknik pembelajaran IPA untuk mencapai tujuan pembelajaran (produk, proses, dan sikap ilmiah
- Menganalisis proses?proses fotosintesis pada tumbuhan
- Menyimpulkan macam?macam pengangkutan pada tumbuhan
- Menggambarkan hubungan manusia, lingkungan dan pemeliharaannya
- Menganalisis fungsi kelenjar?kelenjar yang berhubungan dengan system pencernaan makanan pada manusia
- Menganalisis kelainan dan gangguan pada sistem pernapasan manusia
- Mengkategorikan penyebab perubahan sifat benda.
- Menganalisis sifatsifat cahaya
- Menyelidiki konsep kelistrikan dan dan kemagnetan
- Menganalisis kebutuhan energy dan daya listrik dalam kehidupan sehari?hari.
- Memprediksi peristiwa pemuaian dalam kehidupan sehari?hari
- Menganalisis peran kalor dalam mengubah suhu benda.
- Mengelompokkan planet?planet dalam tata surya
- Menganalisis proses terjadinya tata surya
- Membandingkan antara fakta dan konsep dalam IPS
- Menyususn generalisasi dalam IPS
- Menganalisis sejarah kenampakan alam.
- Merumuskan pemanfaatan dan pemeliharaan SDA yang tidak dapat diperbaharui.
- Merumuskan pemanfaatan dan pemeliharaan SDA untuk menciptakan kehidupan yang sejahtera dan harmonis dalam kebinekaan
- Merumuskan penyebab terjadinya gejalagejala alam, dan bentuk?bentuk bencana alam
- Mengaitkan penyebab terjadinya gejalagejala alam, dan bentuk?bentuk bencana alam serta usaha?usaha untuk menghadapinya
- Memahami berbagai norma yang ada di masyarakat
- Menganalisis peran bangsa Indonesia pada era global
- Menganalisis proses globalisasi
- Menganalisis berbagai aktivitas ekonomi dalam masyarakat
- Memahami kebijakan ekonomi
- Merencanakan media pembelajaran sesuai karakteristik peserta didik untuk mencapai tujuan pembelajaran IPS
- Menyusun evaluasi berdasar indikator pada pembelajaran IPS di SD
- Memilih prosedur penilaian dan evaluasi proses dan hasil belajar IPS
- Mengidentifikasi aspek proses dan hasil belajar IPS yang penting untuk dinilai.
Jika anda ingin latihan software UKG Online gratis silahkan kunjungi: