/*---- Awal Script Floating-FB--*/ /*---- Akhir Script Floating-FB--*/

Kamis, 28 November 2013

KURIKULUM 2013

Sejak kemerdekaan Indonesia, kurikulum pendidikan dasar dan menengah sudah mengalami sepuluh kali perubahan. Perubahan kurikulum yang terakhir adalah pada tahun 2006 yang disebut dengan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP). Implementasi KTSP masih belum optimal karena berbagai faktor, diantaranya adalah kompetensi guru dan sarana dan prasarana yang masih terbatas,  serta sistem penilain yang masih lemah.  Pergantian kurikulum yang silih berganti, ternyata belum mampu meningkatkan kualitas pendidikan nasional.

KTSP baru diterapkan selama 6 (enam) tahun, namun Pemerintah, dalam hal ini Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, telah menyiapkan kurikulum baru yang disebut dengan Kurikulum 2013. Sejak konsep kurikulum 2013 diperkenalkan oleh Pemerintah telah banyak tanggapan dari masyarakat umum, para profesional, dan anggota DPR-RI. Sikap mereka ada yang menolak dan ada juga yang menerima atau pro. Mayoritas dari mereka mengusulkan supaya pelaksanaan kurikulum 2013 ditunda, dan dilakukan uji coba terlebih dahulu. Namun, sepertinya Pemerintah, tetap pada pendiriannya untuk menerapkan kurikulum 2013 pada tahun ajaran baru, yaitu 2013/2014.

Kurikulum 2013: Apa dan bagaimana?
sumber: Himpunan Evaluasi Pendidikan Indonesia (HEPI)

"Ide di balik  Pengembangan Kurikulum 2013 bermula dari tulisan Wakil Presiden Boediono yang berjudul “Pendidikan Kunci Pembangunan” di harian Kompas (Senin, 27/8/2012) yang menilai bahwa  pendidikan nasional belum  bisa menghasilkan lulusan yang kompeten karena belum punya konsep yang jelas. Menurut Boediono saat ini kita belum punya konsepsi yang jelas mengenai substansi pendidikan. Karena tak ada konsepsi yang jelas, timbullah kecenderungan untuk memasukkan apa saja yang dianggap penting ke dalam kurikulum. Akibatnya, terjadilah beban berlebihan pada anak didik. Bahan yang diajarkan terasa  “berat”, tetapi tak jelas apakah anak mendapatkan apa yang seharusnya diperolah dari pendidikannya". 

HAL-HAL YANG BERKAITAN DENGAN KURIKULUM 2013, antara lain:
  1. Impelementasi Kurikulum 2013
  2. Kompetensi Dasar Kurikulum 2013
  3. Peran Guru dalam Implementasi Kurikulum 2013
  4. Konsep Pembelajaran Tematik Terpadu
  5. Implementasi Tematik Terpadu
  6. Implementasi Pendekatan Scientific dlm pembelajaran tematik
  7. Rambu-rambu Penyusunan RPP tematik 
KURIKULUM 2013 SD/MI
KURIKULUM 2013 SMP/MTs

Selanjutnya, bagi sobat pendidik yang ingin mengoleksi Kompetensi Inti (KI) dan Kompetensi Dasar (KD) Kurikulum 2013, silahkan unduh link di bawah ini:
  1. KI - KD Pendidikan Agama
  2. KI - KD Pend. Kewarganegaraan
  3. KI - KD Bahasa Indonesia
  4. KI - KD Matematika
  5. KI - KD Ilmu Peng. Alam
  6. KI - KD Ilmu Peng. Sosial
  7. KI - KD Seni Budaya dan Ketrampilan
  8. KI - KD Penjasorkes
Semoga bermanfaat...




~~~~~~~oo()oo~~~~~~~~

Terimakasih, Wassalamu 'alaik... 

HARS IT-SOLUTION
081381000414 / 087777083983
Kemenag Mail

PNSMail
GMail

Comments
0 Comments

0 comments :

Posting Komentar

Cool Blue Outer Glow Pointer